Saat ku berkunjung ke sebuah daerah di utara Jogja, terucaplah sebuah ungkapan dari seorang pribumi yang cukup membuatku terngiang-ngiang. Katanya “Uang itu datang bukan karena engkau bekerja, melainkan karna sudah jatahmu, engkau mau bekerja banting tulang luntang lantung kesana kemari kalau memang belum jatahmu dapat ya tidak akan dapat, intinya kita cukup melakukan kerja yang baik tanpa perlu mengharap imbalan atas kerja itu”. Begitulah kira-kira kalimatnya.

Dunia modern selalu mengajarkan kita akan hukum sebab akibat, benar salah, hitam putih, dan paradoks-paradoks lainnya. Padahal tidak semua sebab menghasilkan akibat. Contohnya itu tadi, banyak yang mengartikan bahwa rezeki datang karna kita bekerja. Namun sebenarnya rezeki datang karena sudah jatahnya orang itu dapat rezeki. Sementara bekerja adalah lain hal, bukan merupakan sebab terjadinya datang rezeki, melainkan merupakan cara diri dalam menjalankan peran sejatinya sebagai manusia.

Rezeki adalah jatah. Kerja adalah menjalani peran. Satu sama lain bisa jadi tidak saling berhubungan.

Ada yang disebut berdagang, kita jual, kita langsung dapat uang. Kita kerja di perusahaan, kita dibayar akhir bulan. Kita mengabdi di institusi, kita diberi upah atas kesetiaan. Kesemuanya itu bisa dikategorikan sebagai model transaksi langsung, yang sangat dapat dipilah mana sebab dan akibatnya.

Sementara matematika Tuhan siapa yang tahu. Kadang suatu akibat bisa terjadi dikarenakan sebab yang tidak saling berhubungan. Bahkan akibat  bisa ujug-ujug terjadi tanpa perlu sebab. Semua terserah-serah Dia. Kita cuma bisa berusaha berjalan bersesuaian dengan apa yang dikendaki-Nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s